Minggu, 02 Desember 2012

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat


Banyak yang mengira kalau gue melakukan perawatan kulit ke dokter atau skin care mahal agar memiliki kulit yang sehat. Mereka menduga terlalu berlebihan.. hahahaa. Jujur gue memang melalukan perawatan kulit rutin, tapi tidak mahal dan sangat sederhana, kalian juga bisa melakukan perawatan kulit agar kulit kalian tetap sehat.

1. Rajin Cuci Muka
Ritual ini sangat jarang sekali mendekati tidak pernah absen gue lakukan. Sebisa mungkin cucilah muka dua kali sehari yaitu di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Pilih sabun khusus wajah yang cocok dengan jenis wajah, jaman sekarang sabun wajah banyak dijual dimana-mana dari yang murah hingga yang mahal. Kalau bisa jangan memilih facial foam, tapi pilih facial wash gel yang busanya lebih sedikit. Menurut pengalaman pribadi gue busa yang dihasilkan facial foam membuat kulit keset dan kering.

2. Sunblock/Tabir Surya
Ketimbang menggunakan pelembab gue lebih suka menggunakan tabir surya. Jujur gue ga punya pelembap atau foundation. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas. Untuk sehari-hari misalnya ngampus gue menggunakan tabir surya, gue tidak menggunakan foundation agar kulit bisa bernafas. Karena foundation bersifat menutupi pori-pori wajah sehingga setelah pemakaian lebih dari 4 jam kulit akan terlihat kusam.

3. Bedak Tabur
Gue sempat heran kenapa kulit gue jadi tampak kusam ketika berkeringat atau kepanasan, akhirnya gue menemukan jawabannya. Itu karena gue keseringan menggunakan compact powder, bedak padat ini juga menutupi pori-pori wajah sehingga kulit sulit bernafas. Dengan sigap gue langsung ganti dengan bedak tabur. Untuk dandanan sehari-hari gue menggunakan bedak tabur yang lebih ringan, bedak padat hanya digunakan pada acara tertentu saja.
4. Krim Malam
Kalian pasti juga menggunakan krim malam kan?. Ya, krim malam memang penting untuk memberi nutrisi kulit saat malam hari. Krim malam juga mengembalikan revalitas dan kelembapan kulit akibat kerja keras melindungi diri dari dampak terkena polusi dan sinar matahari di siang harinya. Ibaratnya manusia nih, setelah siangnya sibuk bekerja, malamnya ia makan makanan bergizi agar fit di pagi hari esoknya.

5. Masker
Gunakan masker seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk merefresh kulit. Masker membantu regenerasi kulit baru dan memberi nutrisi tambahan untuk kulit. Masker favorit gue adalah strawberry, bengkoang dan madu. Strawberry dan bengkoang untuk antioxidant dan mencerahkan kulit, sementara madu melembapkan kulit.

Lakukan kelima pertawatan diatas secara rutin untuk hasil yang optimal. Jangan pernah mengharapkan kulit lo seputih bintang iklan shinxui  kalau warna dasar kulit lo coklat. Ingat yang terpenting itu kulit sehat, karena kulit putih kalah sama kulit sehat. Sekian :)

1 komentar:

  1. kulit putih emang perlu, tapi kulit sehat memang lebih penting .
    thanks udah share, Marina jadi dapet info penting nih ;)

    BalasHapus